SLIDE

8/7/11

Asal Usul Desa Rumoong Atas

Pada sekitar abad 17 (1625 – 1675) berturut-turut berdatanganlah orang-orang yang dipimpin oleh Dotu Moutang, Lonsu dan Tumewang ke wilayah Desa Lansot. Oleh penduduk desa Lansot pada saat itu menerima dengan baik kedatangan mereka, dan sesuai dengan adat istiadat/tradisi bahwa penduduk desa lain yang datang kemudian, tidak dapat menempati daerah atau lahan yang telah dihuni dan dikelola oleh penduduk setempat. Seperti biasanya terhadap pendatang-pendatang terdahulu, penduduk desa Lansot menyediakan tempat untuk mendirikan pemukiman dan menetap di daerah sekitar pohon Lowian, karena tempat tersebut khususnya bagian barat pohon Lowian, tidak dijadikan lahan garapan oleh penduduk desa Lansot. Dotu Moutang inilah yang dianggap sebagai dotu penduduk Rumoong Atas.
Pemukiman yang dibangun oleh penduduk pendatang itu dinamakan Lowian sesuai dengan nama pohon yang tumbuh ditempat tersebut. Sedangkan orang-orang yang datang bertambah itu oleh penduduk desa Lansot menyebut mereka dengan istilah “Rumoang” yang artinya orang yang datang bertambah pada suatu tempat yang sudah didiami oleh orang lain.
Karena istilah rumoang sering dipakai oleh penduduk desa Lansot, maka lama kelamaan nama kampung Lowian berubah menjadi kampung Rumoang. Nama Rumoang sebagai nama kampung dari penduduk lowian ini dipakai hingga tahun 1942 di masa Jepang mulai menjajah dan masuk di tanah Minahasa. Pada waktu penjajahan Jepang (1942 – 1945) tersebut, papan nama kampung Rumoang ditulis menjadi ‘Rumoon’ karena dipengaruhi oleh dialek bahasa Jepang. Setelah Indonesia merdeka, kata ‘Rumoon’ ini akhirnya tetap dijadikan sebagai nama kampung menggantikan nama Rumoang. Agar kata Rumoon ini mengandung arti, maka kata ini disesuaikan dengan bahasa Tountemboan menjadi Rumoongyang berarti “mendirikan kampung”. Untuk membedakan Desa Rumoong yang ada di pegunungan dengan desa Rumoong yang ada di pesisir laut wilayah Amurang, maka Rumoong (Tareran) disebut Rumoong Atas dan Rumoong (Amurang) disebut Rumoong Bawah. Itulah cikal bakal kampung Rumoong Atas sekarang ini.

Referensi:Buku “DESA LANSOT - Asal usul Dan Perkembangannya”
Oleh:Drs. Sonny V.H. Prang

1 comment:

  1. Pencerahan yang sangat berarti sekali sehingga mengerti asal muasal desa Rumoong Atas... Terima kasih om Sonny V.H. Prang

    ReplyDelete